KH. Abdul hamid Lahir pada tahun 1333 H, di Desa Sumber Girang, Lasem, Rembang, Jawa Tengah.Wafat 25 Desember 1985. Pendidikan: Pesantren Talangsari, Jember; Pesantren Kasingan, Rembang, Jateng, Pesantren Termas, Pacitan, Jatim. Pengabdian: pengasuh Pesantren Salafiyah, Pasuruan
Kesabarannya memang diakui tidak hanya
oleh para santri, tapi juga oleh keluarga dan masyarakat serta umat
islam yang pernah mengenalnya. Sangat jarang ia marah, baik kepada
santri maupun kepada anak dan istrinya. Kesabaran Kyai Hamid di hari
tua, khususnya setelah menikah, sebenarnya kontras dengan sifat kerasnya
di masa muda.
“Kyai Hamid dulu sangat keras,” kata Kyai
Hasan Abdillah. Kyai Hamid lahir di Sumber Girang, sebuah desa di
Lasem, Rembang, Jawa Tengah, pada tahun 1333 H. Ia adalah anak ketiga
dari tujuh belas (17) bersaudara, lima di antaranya saudara seibu. Kini, di
antara ke 12 saudara kandungnya, tinggal dua orang yang masih hidup,
yaitu Kyai Abdur Rahim, Lasem, dan Halimah. Sedang dari lima saudara
seibunya, tiga orang masih hidup, yaitu Marhamah, Maimanah dan
Nashriyah, ketiganya di Pasuruan. Hamid dibesarkan di tengah keluarga
santri. Ayahnya, Kyai umar, adalah seorang ulama di Lasem, dan ibunya
adalah anak Kyai Shiddiq, juga ulama di Lasem dan meninggal di Jember,
Jawa Timur.
- Masa Kecil
Kyai Shiddiq adalah ayah KH. Machfudz
Shiddiq, tokoh NU, dan KH. Ahmad Shiddiq, mantan Ro’is Am NU. Keluarga
Hamid memang memiliki keterikatan yang sangat kuat dengan dunia
pesantren. Sebagaimana saudara-saudaranya yang lain, Hamid sejak kecil
dipersiapkan untuk menjadi kyai. Anak keempat itu mula-mula belajar
membaca Al-Quran dari ayahnya. Pada umur 9 tahun, ayahnya mulai
mengajarinya ilmu fiqh dasar.
Tiga tahun kemudian, cucu kesayangan itu
mulai pisah dari orangtua, untuk menimba ilmu di pesantren kakeknya, KH.
Shiddiq, di Talangsari, Jember, Jawa Timur. Konon, demikian penuturan
Kyai Hasan Abdillah, Kyai Hamid sangat disayang baik oleh ayah maupun
kakeknya. Semasih kecil, sudah tampak tanda-tanda bahwa ia bakal menjadi
wali dan ulama besar.
“Pada usia 6 tahun, ia sudah bertemu
dengan Rasulullah,” katanya. Dalam kepercayaan yang berkembang di
kalangan warga NU, khususnya kaum sufi, Rasulullah walau telah wafat
sekali waktu menemui orang-orang tertentu, khususnya para wali. Bukan
dalam mimpi saja, tapi secara nyata.
Pertemuan dengan Rasul menjadi semacam
legitimasi bagi kewalian seseorang. Kyai Hamid mulai mengaji fiqh dari
ayahnya dan para ulama di Lasem. Pada usia 12 tahun, ia mulai berkelana.
Mula-mula ia belajar di pesantren kakeknya, KH. Shiddiq, di Talangsari,
Jember. 3 tahun kemudian ia diajak kakeknya untuk pergi haji yang
pertama kali bersama keluarga, paman-paman serta bibi-bibinya. Tak lama
kemudian dia pindah ke pesantren di Kasingan, Rembang. Di desa itu dan
desa-desa sekitarnya, ia belajar fiqh, hadits, tafsir dan lain lain.
Pada usia 18 tahun, ia pindah lagi ke Termas, Pacitan, Jawa Timur.
Konon, seperti dituturkan anak bungsunya
yang kini menggantikannya sebagai pengasuh Pesantren Salafiyah, H.
Idris, “Pesantren itu sudah cukup maju untuk ukuran zamannya, dengan
administrasi yang cukup rapi. Pesantren yang diasuh Kyai Dimyathi itu
telah melahirkan banyak ulama terkemuka, antara lain KH Ali Ma’shum,
mantan Ro’is Am NU.” Menurut Idris, inilah pesantren yang telah banyak
berperan dalam pembentukan bobot keilmuan Hamid. Di sini ia juga belajar
berbagai ilmu keislaman. Sepulang dari pesantren itu, ia tinggal di
Pasuruan, bersama orangtuanya. Di sini pun semangat keilmuannya tak
pernah Padam. Dengan tekun, setiap hari ia mengikuti pengajian Habib
Ja’far, ulama besar di Pasuruan saat itu, tentang ilmu tasawwuf.
- Menjadi Blantik
Kyai Hamid menikah pada usia 22 tahun dengan
sepupunya sendiri, Nyai H. Nafisah, putri KH Ahmad Qusyairi. Pasangan
ini dikarunia enam anak, satu di antaranya putri. Kini tinggal tiga
orang yang masih hidup, yaitu H. Nu’man, H. Nasikh dan H. Idris.
Kyai Hamid menjalani masa-masa awal kehidupan
berkeluarganya tidak dengan mudah. Selama beberapa tahun ia harus hidup
bersama mertuanya di rumah yang jauh dari mewah. Untuk menghidupi
keluarganya, tiap hari ia mengayuh sepeda sejauh 30 km pulang pergi,
sebagai blantik (broker) sepeda. Sebab, kata ldris, pasar sepeda waktu
itu ada di desa Porong, Pasuruan, 30 km ke arah barat Kotamadya
Pasuruan.
Kesabarannya bersama juga diuji. Hasan
Abdillah menuturkan, Nafisah yang dikawinkan orangtuanya selama 2
tahun tidak patut (tidak mau akur). Namun ia menghadapinya dengan tabah.
Kematian bayi pertama, Anas, telah mengantar mendung di rumah keluarga
muda itu.
Terutama bagi sang istri Nafisah yang
begitu gundah, sehingga Kyai Hamid merasa perlu mengajak istrinya itu ke
Bali, sebagai pelipur lara. Sekali lagi Nafisah dirundung kesusahan yang
amat sangat setelah bayinya yang kedua, Zainab, meninggal dunia pula,
padahal umurnya baru beberapa bulan. Lagi-lagi kyai yang bijak itu
membawanya bertamasya ke tempat lain. KH. Hasan Abdillah, adik istri
Kyai Hamid, menuturkan, seperti layaknya keluarga, Kyai Hamid pernah
tidak disapa oleh istrinya selama empat tahun.
Tapi, tak pernah sekalipun terdengar
keluhan darinya. Bahkan sedemikian rupa ia dapat menutupinya sehingga
tak ada orang lain yang mengetanuinya. “Uwong tuo kapan ndak digudo karo
anak Utowo keluarga, ndak endang munggah derajate (Orangtua kalau tidak
pernah mendapat cobaan dari anak atau keluarga, ia tidak lekas naik
derajatnya)”, katanya suatu kali mengenai ulah seorang anaknya yang agak
merepotkan.
Kesabaran beliau juga diterapkan dalam
mendidik anak-anaknya. Menut Idris, tidak pernah mendapat marah, apalagi
pukulan dari ayahnya. Menurut ldris, ayahnya lebih banyak memberikan
pendidikan lewat keteladanan. Nasihat sangat jarang diberikan. Akan
tetapi, untuk hal-hal yang sangat prinsip, shalat misalnya, Kyai Hamid sangat
tegas.
Merupakan keharusan bagi anak-anaknya
untuk bangun pada saat fajar menyingsing, guna menunaikan shalat subuh,
meski seringkali orang lain yang disuruh membangunkan mereka, Kyai Hamid juga
memberi pengajaran membaca Al-Quran dan fiqih pada anak-anaknya di masa
kecil. Namun, begitu mereka menginjak remaja, Kyai Hamid lebih suka
menyerahkan anak-anaknya ke pesantren lain.
Bukan hanya kepada anak-anak, tapi juga
istrinya, Kyai Hamid memberi pengajaran. Waktunya tidak pasti. Kitab yang
diajarkan pun tidak pasti. Bahkan, ia mengajar tidak secara berurutan
dari bab satu ke bab berikutnya. Pendeknya, ia seperti asal comot kitab,
lalu dibuka, dan diajarkan pada istrinya. Dan lebih banyak, kata Idris,
yang diajarkan adalah kitab-kitab mengenai akhlak, seperti Bidayah Al-Hidayah karya Imam Ghazali, “Tampaknya yang lebih ditekankan adalah
amalan, dan bukan ilmunya itu sendiri,” jelasnya.
Amalan dari kitab itu pula yang
ditekankan Kyai Hamid di Pesantren salafiyah. Kalau pesantren-pesantren
tertentu dikenal dengan spesialisasinya dalam bidang-bidang ilmu
tertentu – misainya alat (gramatika bahasa Arab) atau fiqh, maka
salafiyah menonjol sebagai suatu lembaga untuk mencetak perilaku seorang
santri yang baik.
Di sini, Kyai Hamid mewajibkan para
santrinya shalat berjamaah lima waktu. Sementara jadwal kegiatan
pesantren lebih banyak diisi dengan kegiatan wirid yang hampir memenuhi
jam aktif. Semuanya harus diikuti oleh seluruh santri. Kyai Hamid
sendiri, tidak banyak mengajar, kecuali kepada santri-santri tertentu
yang dipilihnya sendiri. Selain itu, khususnya di masa-masa akhir
kehidupannya, ia hanya mengajar seminggu sekali, untuk umum.
Mushalla pesantren dan pelatarannya
setiap Ahad selalu penuh oleh pengunjung untuk mengikuti pengajian
selepas shalat subuh ini. Mereka tidak hanya datang dari Pasuruan, tapi
juga kota-kota Malang, Jember, bahkan Banyuwangi, termasuk Walikota
Malang waktu itu. Yang diajarkan adalah kitab Bidayah al-Hidayah karya Imam Ghazali. Konon, dalam setiap pengajian, ia hanya membaca beberapa
baris dari kitab itu.
Selebihnya adalah cerita-cerita tentang
ulama-ulama masa lalu sebagai teladan. Tak jarang, air matanya mengucur
deras ketika bercerita. Disuguhi Kulit Roti Kyai Hamid memang sosok
ulama sufi, pengagum imam Al-Ghazali dengan kitab-kitabnya lhya ‘Ulum
ad-Din dan Bidayah al-Hidayah. Tapi, corak kesufian Kyai Hamid bukanlah
yang menolak dunia sama sekali. Ia, konon, memang selalu menolak diberi
mobil Mercedez, tapi ia mau menumpanginya. Bangunan rumah dan
perabotan-perabotannya cukup baik, meski tidak terkesan mewah.
Ia suka berpakaian dan bersorban yang
serba putih. Cara berpakaian maupun penampilannya selalu terlihat rapi,
tidak kedodoran. Pilihan pakaian yang dipakai juga tidak bisa dibilang
berkualitas rendah. “Berpakaianlah yang rapi dan baik. Biar saja kamu di
sangka orang kaya. Siapa tahu anggapan itu merupakan doa bagimu,”
katanya suatu kali kepada seorang santrinya. Namun, Kiai Hamid bukanlah
orang yang suka mengumbar nafsu. Justru, kata idris, ia selalu berusaha
melawan nafsu.
Hasan Abdillah bercerita, suatu kali
Kyai Hamid berniat untuk mengekang nafsunya dengan tidak makan nasi
(tirakat). Tetapi, istrinya tidak tahu itu. Kepadanya lalu disuguhkan
roti. Untuk menyenangkannya, Kyai Hamid memakan roti itu, tapi tidak
semuanya, melainkan kulitnya saja. “O, rupanya dia suka kulit roti,”
pikir istrinya. Esoknya ia membeli roti dalam jumlah yang cukup besar,
lalu menyuguhkan kepada suaminya kulitnya saja. Kyai Hamid tertawa. “Aku
bukan penggemar kulit roti. Kalau aku memakannya kemarin, itu karena
aku bertirakat,” ujarnya.
Konon, berkali-kali Kyai Hamid ditawari
mobil Mercedez oleh H. Abdul Hamid, orang kaya di Malang. Tapi, ia
selalu menolaknya dengan halus. Dan untuk tidak membuatnya kecewa, Kyai Hamid
mengatakan, ia akan menghubunginya sewaktu-waktu membutuhkan mobil itu.
Kyai Hamid memang selalu berusaha untuk tidak mengecewakan orang lain,
suatu sikap yang terbentuk dari ajaran idkhalus surur (menyenangkan
orang lain) seperti dianjurkan Nabi. Misalnya, jika bertamu dan sedang
berpuasa sunnah, ia selalu dapat menyembunyikannya kepada tuan rumah,
sehingga ia tidak merasa kecewa. Selain itu, ia selalu mendatangi
undangan, di manapun dan oleh siapapun.
Selain terbentuk oleh ajaran idkhalus
surur, sikap sosial Kyai Hamid terbentuk oleh suatu ajaran (yang
dipahami secara sederhana) mengenai kepedulian sosial islam terhadap
kaum dlu’afa yang diwujudkan dalam bentuk pemberian sedekah. Memang
karikaturis – meminjam istilah Abdurrahman Wahid tentang sifatnya.
Tapi, Kyai Hamid memang bukan seorang
ahli ekonomi yang berpikir secara lebih makro. Walau begitu, kita dapat
memperkirakan, sikap sosial Kyai Hamid bukan hanya sekadar refleksi dari
motivasi keagamaan yang “egoistis”, dalam arti hanya untuk mendapat
pahala, dan kemudian merasa lepas dari kewajiban. Kita mungkin dapat
melihat, betapa ajaran sosial islam itu sudah membentuk tanggung jawab
sosial dalam dirinya meski tidak tuntas.
Ajaran Islam, tanggung jawab sosial
mula-mula harus diterapkan kepada keluarga terdekat, kemudian tetangga
paling dekat dan seterusnya. Urut-urutan prioritas demikian tampak pada
Kyai Hamid. Kepada tetangga terdekat yang tidak mampu, konon ia juga
memberikan bantuannya secara rutin, terutama bila mereka sedang
mempunyai hajat, apakah itu untuk mengawinkan atau mengkhitan anaknya.
H. Misykat yang mengabdi padanya hingga
ia meninggal, bercerita bahwa bila ada tetangga yang sedang punya hajat,
Kyai Hamid memberi uang RP. 10.000 plus 10 kg. beras. Islam
mengajarkan, hari raya merupakan hari di mana umat Islam dianjurkan
bergembira sebagai rasa syukur setelah menunaikan lbadah puasa sebulan
penuh. Menjelang hari raya, sebagai layaknya seorang ulama, Kyai Hamid
tidak menerima hadiah dan zakat fitri.
Semoga artikel tentang Biografi KH Abdul Hamid Pasuruan - Jawa Timur ini bisa bermanfaat, menginspirasi dan bisa menambah ilmu pengetahuan serta wawasan kita. Amin
* Salam Ukhuwah Islamiyah dari Andi Ibnoe Badawi Mazid
* Salam Ukhuwah Islamiyah dari Andi Ibnoe Badawi Mazid
0 komentar:
Posting Komentar