Senin, 11 Agustus 2014

15 Amalan Untuk Mendatangkan Malaikat di Bulan Ramadhan

بسم الله الرحمن الرحيم


         Di bulan Ramadhan ini tentu saja sayang sekali jika waktu dibiarkan hilang percuma begitu saja. Sayang banget... kalo kita tidak dapat apa-apa setelah 30 hari berpuasa, ya tidak? Begitu banyak berkah dan maghfirah yang Allah berikan di bulan ini. Hanya orang-orang yang (afwan) bodoh dan sombong saja yang masih mengabaikan dan menganggap Ramadhan, serta puasa sebagai angin lalu dan hanya rutinitas tahunan belaka, amat sangat rugi.

Bagi hamba Allah yang beriman, tentulah bulan ini akan digunakan sebagai ajang ber-fastabiqul khoirot, sarana berburu pahala sebanyak-banyaknya, dan bulan untuk memohon ampunan dan syafaat dari Allah SWT. Selain mampu memanfaatkan momentum luar biasa, kita pun bisa memanggil dan berkawan
baik dengan para Malaikat yang telah dijamin syurga oleh Allah. Dengan apa caranya?
Sekurang-kurangnya, ada 15 amalan yang bisa mendatangkan malaikat jika kita melaksanakannya.


1. Berdzikir
         Malaikat adalah makhluk Allah yang khusus Allah ciptakan untuk selalu beribadah kepada-Nya. Sudah tentu dan pastilah setiap detiknya para malaikat selalu berdzikir kepada Allah SWT. Mereka pun pasti menyukai orang-orang yang berdzikir dan mengingat Allah.

“Sesungguhnya lagi Allah para Malaikat yang berkeliling di bumi untuk mencari orang-orang yang berdzikir. Apabila mereka menemukan sekelompok orang yang berdzikir, maka mereka akan memanggil satu sama lain, “Marilah ke sini, inilah yang kamu cari.”

Rasulullah menambahkan, “Kemudian mereka meliputi para ahli dzikir itu dengan syap-sayap mereka sampai langitu dunia…” (HR. Bukhari dan Muslim).

Jika satu zikir di bulan lain bernilai satu kebaikan, maka di bulan Ramdhan ia akan berlipat ganda pahalanya. (QS. Az-Zumar [39]: 10)


2. Tilawatil Qur'an
         Ramadhan adalah bulannya Al-Qur'an. Di bulan Ramadhan lah Al-Qur'an diturunkan, di bulan Ramadhanlah pertama kali malaikat jibril turun untuk menyampaikan wahyu dari AllahSWT. Satu huruf dalam Al-Qur'an yang kita baca bernilai 10 pahala. Al-Qur'an adalah Kalamullah, pastilah para malaikat menyukai orang yang membacakan kata-kata Tuhan-Nya. Apalagi kalau dibaca dengan benar dan tartil,
para malaikat pasti betah lama-lama mendengarkan bacaan kita.

Barra’ bin ‘Azib berkata, “Ada seorang laki-laki membaca surat al-Kahfi, di dalam rumahnya ada hewan yang kemudian kabur. Lalu datanglah mendung atau awan yang menaunginya. Peristiwa itu diceritakan kepada Rasulullah, lalu beliau bersabda,“Bacalah terus wahai Fulan ! Karena sesungguhnya itu adalah
Malaikat yang turun (saat al-Qur’an dibaca, atau turun untuk bacaan Al-Qur’an.” (HR. Muslim).


3. Istiqomah di jalan Allah
          Istiqomah membutuhkan energi ekstra untuk menjaganya. Tidak cukup jika hanya diam, merenung, dan tidak berbuat apa-apa?. Harus ada usaha yang dilakukan untuk menjaga keistiqomahan kita akan Islam. Beberapa cara ialah dengan melaksanakan berbagai amalan sunnah yang Rasulullah ajarkan, menghadiri majlis ilmu, berkumpul dengan orang-orang yang shaleh, berbuat kebaikan, dan masih banyak lagi usaha- usaha lainnya. Usaha itulah yang menyebabkan para malaikat menaungi kita. 
Rasulullah bersabda, “Demi Allah yang jiwaku ada di tangan-Nya, jika kalian kontinyu dalam ketaatan dan dzikir, maka para Malaikat akan turun menyalami kalian di rumah atau di jalan-jalan.” (HR. Muslim). 
Di riwayat lain, “Seandainya kalian selalu istiqamah sebagaimana kalian berada di sisiku, maka Malaikat akan menaungi kalian dengan sayap-sayapnya.” (HR. Tirmidzi).

4. Mengajarkan kebaikan kepada orang lain
           Rasulullah bersabda, “Seungguhnya Allah dan para Malaikatnya dan semua penghuni langitu dan bumi sampai semut yang berada di lubangnya dan ikan paus, mereka semua berslawat kepada orang yang mengajar kebaikan pada manusia.” (HR. Tirmidzi)


5. Menuntut Ilmu 
           Tidak diragukan lagi bahwa para malaikat akan menaungi orang-orang yang berkumpul untuk
mengkaji dan mempelajari ilmu Allah. Ilmu Allah itu bukan hanya didapat dimajlis-majlis ta'lim,
karena seluruh ilmu yang ada sejatinya adalah ilmu yang Allah berikan kepada kita.
Orang yang menuntut ilmu yang bisa mendekatkan dirinya kepada Allah, para Malaikat akan datang
menaunginya.
Shafwan bin Assal berkata: Aku berkata, “Wahai Rasulullah sesungguhnya aku
datang kepadamu untuk menuntut ilmu. Beliau menanggapi, “Selamat datang buat penuntut ilmu,
sesungguhnya orangk yang menunut ilmu itu akan dikelilingi para Malaikat, mereka mengepakkan sayap-sayapnya di atasnya. Mereka saling susun menyusun sehingga sampai ke langitu karena cinta mereka kepada pa yang dituntut.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).
Di riwayat lain, “Sesungguhnya para Malaikat mengepakkan sayap-sayapnya nbagi penuntut ilmu karena ridha dengan apa yang dilakukan.” (HR. Tirmidzi).


6. Mencintai Saudara Seiman
         Rasulullah bersabda, “Apabila Allah telah mencintai seorang hamba, maka Dia memanggil Malaikat jibril dan berseru, ‘Sesungguhnya Allah telah mencintai Fulan maka cintailah Fulan. Lalu Jibril memanggil semua penduduk langit, ‘Sesungguhnya Allah mencintai Fulan, maka cintailah ia, lalu para penghuni langitu pun mencintainya, sehingga ia dituerima di bumi.” (HR. bukhari dan Muslim).


7. Menziarahi Saudara Seiman
         Ziarah disini bukan ziarah makam itu maksudnya, menziarahi saudara seiman maksudnya berkunjung atau bersilaturahmi kepada saudara seiman. Rasulullah bersabda, “Ada seorang laki-laki yang mengunjungi saudaranya dilain desa, maka Allah mengirimkan Malaikat mengawasinya. Ditengah perjalanan Malaikat menghadangnya dan bertanya, ‘Kamu mau kemana ?’ Dia menjawab. Saya mau mengunjungi Saudaraku yang tinggal didesa ini.’ Malaikat bertanya, ‘Apakah kamu punya kepentingan sehingga kamu mengunjunginya?’ Dia menjawab, ‘Tidak, saya mengunjunginya sebab saya mencintainya karena Allah’. Malaikat berkata. “Sesungguhnya saya diutus Allah untuk menemuimu. Ketahuilah, bahwa Allah juga mencintaimu sebagaimana kamu mencintai saudaramu karena Allah.” (HR. Muslim).


8. Mendo'akan Saudara Seiman
          Mendo'akan saudara kita tak hanya mendatangkan malaikat, ketika kita mendo'akan kebaikan kepada saudara kita yang tidak bersama kita, maka malaikatpun mendo'akan kebaikan yang sama pula kepada kita. Rasulullah bersabda, “Do'anya orang muslim untuk saudaranya yang sedang tidak bersamanya terkabulkan, karena di atas kepalanya ada Malaikat. Setiap dia mendo'akannya dengan kebaikan, Malaikat yang ditugaskan itu berkata : Amin (Ya Allah, Kabulkanlah) dan bagimu seperti itu juga.” (HR. Muslim).


9. Mengunjungi Orang yang Sakit/terkena Musibah
          Rasulullah bersabda, “Tidaklah seseorang menengok saudaranya yang sakitu pada sore hari, kecuali diiringi oleh 70.000 Malaikat akan mengiringnya dan memintakan ampun untuknya sampai sore dan disediakan baginya tempat di surga. (HR. Dawud).


10. Makan Sahur
         Sahur selain merupakan salah satu sunnah puasa, ternyata ketika kita sahur para malaikat juga ikut sahur bersama kita. “Sesungguhnya Allah dan para Malaikatnya bershalawat kepada orang-orang yang makan sahur.” (HR. Ibnu Hibban dan dihasankan al-Albani)


11. Bersalawat dan Salam kepada Rasulullah SAW
         Siapa yang cinta pada Nabinya pasti bahagia dalam hidupnya... Hhehe... itu tadi lirik salah satu lagunya Hadad Alwi, bener nggak? Nah, salah satu bukti kecintaan kita kepada Rasulullah SAW adalah slalu mengingat beliau dengan bersalawat kepadanya, apalagi, shalawat kita itu akan diamini oleh malaikat. “Tidaklah seorang hamba yang bershalawat kepadaku, kecuali para Malaikat bershalawat kepadanya selama dia masih bershalawat kepadaku. Hendaklah hamba itu banyak bershalawat atau hanya sedikit.” (HR. Ahmad dan dihasankan al-Albani)

12. Menempati shaf pertama saat shalat jama'ah
         “Sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya bershalawat kepada orang yang berada di shaf pertama. (HR. Abu Dawud).

13. Menunggu waktu shalat berjama'ah
         “Sesungguhnya para Malaikat senantiasa bershalawat kepada kalian,selama kalian masih duduk di tempat (menunggu shalat jama’ah) dan belum batal (wudhunya), mereka berdo’a : Ya Allah, ampunilah ia, Ya Allah rahmatilah ia.” (HR. Bukhari dan Muslim)
semakin lama kita nunggu,berarti semakin banyak doa yang dipanjatkan malaikat untuk kita ya... hhe... (yang penting jangan kebablasan juga, baru jam 8 udah nunggu zuhur :D )

14. Berta'ziah jika ada yang meninggal
          Rasulullah bersabda, “Apabila kamu mendatangi orang yang sakitu atau meninggal dunia, maka berdoalah yang baik-baik. Karena sesungguhnya para Malaikat akan mengamini apa saja yang kamu ucapkan.” (HR.Muslim).

15. Mati syahid
          Jabir bin Abdullah berkata, “Telah dihadirkan (jenazah) ayahku ke hadapan Rasulullah dalam
keadaan tidak utuh. Maka aku pun mengampirinya untuk menyingkap wajahnya, tetapi kaumku melarangku. Tiba-tiba terdengar suara seorang wanita yang menangis histeris, yaitu anaknya Amr atau saudaranya. Rasulullah bersabda, ‘Kenapa? Kamu menangis atau tidak, para Malaikat selalu menaunginya
dengan sayap-sayapnya.” (HR Bukhari). Subhanallah...
Tentunya akan sangat luar biasa jika hari-hari kita di bulan Ramadhan ini selalu dinaungi oleh para malaikat yang doanya selalu didengar oleh Allah. Perbanyak zikir dan ampun kepada Allah, perbanyak doa dan mohon ampun kepada Allah. Sayang sekali jika momen luarbiasa ini berlalu begitu saja. Meski mungkin sudah rada telat ini postingannya karena sudah hampir pertengahan Ramadhan, tapi lebih baik daripada nggak sama sekali kan? ^_^ Mari kita semua perbaiki lagi niat dalam diri, perbanyak lagi kebaikan, dan kalo' sebelumnya kita belum serius menjalani dan mengamalkan ibadah di bulan Ramadhan, mulai sekarang,
mumpung Ramadhan belum abis, yuk ramai-ramai ber-serius ria, berfastabiqul khoirot... Semoga setiap detik waktu kita di bulan Ramadhan ini mampu mendatangkan jutaan berkah dan membawa kita menjadi orang- orang yang bertakwa...



Wallahua'lam bishowab..



          Semoga artikel tentang Amalan Untuk Mendatangkan Malaikat di Bulan Ramadhan ini bisa bermanfaat, menginspirasi dan bisa menambah ilmu pengetahuan serta wawasan kita. Aamiin

* Salam Ukhuwah Islamiyah dari Andi Ibnoe Badawi Mazid

0 komentar:

Posting Komentar