Sabtu, 07 Juni 2014

Buah Nona ( Annona reticulata L )



         Buah Nona (Annona reticulate) Rasanya manis, teksturnya lembut, serasa berpasir ketika dikulum lidah. Bentuk buahnya mirip Srikaya (Annona squamosa), tetapi lebih halus, tidak berduri dan lekuk-lekuknya tidak terlalu tajam. juga mirip dengan Sirsak (Annona muricata). Ketiganya masih satu famili Annona. Perbedaanya, buah Nona biasanya ukurannya lebih besar ketimbang Srikaya meskipun daun dan kulitnya mirip. Terkadang buah Nona ada yang berwarna ungu berbeda dengan buah Srikaya yang umumnya hijau. Sedangkan Sirsak buahnya seperti ada duri namun tidak tajam dan ukurannya jauh lebih besar daripada buah Nona atau Srikaya. Ketiga buah ini memiliki manfaat dalam kesehatan. Ketiganya juga berpotensi sebagai pembunuh sel kanker dan gagal ginjal.
      Tanaman boi non, demikian orang Maluku menyebutnya, berasal dari Amerika Tengah.. Daunnya panjang berbentuk taji, menajam pada ujung dan pangkalnya dengan permukaan kasar. Pohon buah nona berbentuk perdu, ketinggian pohon dapat mencapai  ± 7 m, semua bagian tanaman jika diremas berbau kuat. Bentuk daun memanjang antara 25 – 30 cm, lebar bagian tengah mencapai ± 7 cm, daun agak kaku. Kelopak daun waktu kuncup tersusun secara katup, segitiga kecil, pada pangkalnya bersatu. Mahkota daun terluar berdaging sangat tebal, dari dalam putih kekuningan, dengan pangkal berongga akhirnya ungu. Mahkota daun  yang dalam sangat kecil. Jumlah bunga 2-10 kuntum dengan panjang ± 3 cm, lebar ± 1 cm, umumnya yang jadi buah hanya 1 per rumpun. Bentuknya hampir serupa dengan bunga kenanga. Konon bunga ini dapat memabukkan (menjadi pusing), bila dicium.
         Warna buah waktu masih muda hijau keabu-abuan, dan merah muda dan ada lapisan warna hitam jika telah masak. berat buah berkisar  antara 0,1 – 0,5 kg dengan diameter 5 – 12 cm, Daging buahnya manis dan berwarna putih kotor, semanis buah srikaya. Aromanya juga hampir sama dengan buah sirsak yang kerabat dekatnya itu. Buah nona berkulit halus dan sedikit berbedak. Biji berwarna hitam, mirip dengan biji srikaya. Pohon buah nona mulai sulit dijumpai karena tidak banyak lagi ditanam. Semakin langkanya buah nona disebabkan jumlah panenan buahnya yang relatif sedikit dalam satu pohon.

Sinonim :
Annona asiatica Lour. Annona longifolia Sesse et Moc.

Familia :
Annonaceae (Anacardiaceae).

Klasifikasi 
Kingdom: Plantae
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Angiospermae
Kelas: Dicotyledoneae
Sub Kelas: Dialypetalae
Ordo: Polycarpiceae/ Ranales/ Ranunculales
Famili: Anonaceae
Genus: Annona
Spesies: Annona reticulata L.



Nama
  • Daerah
Aceh: Buwah nona, Buah nona kapri, Jambu nona, Serba rabsa
Lampung: Buwah unah
Sunda: Manowa, Nona
Jawa: Kanowa, Kemulwa, Kluwa, Mulwo
Madura: Binuwa
Flores: Anona
Timor: Atakase
Rote: Nonadae lok
Mongondow: Manunang
Makassar: Sirikaya doke
Bugis: Sirikaya susu
Maluku: Boi non
Ambon: Buwah nyonya

  • Asing/Simplisia
Biji Buah Nona: Annonae reticulatae Semen
Daun Buah Nona: Annonae reticulatae Folium



Manfaat dan Khasiat
Biji: 
  1. Kutu kepala (obat luar )
Daun:
  1. Sariawan
  2. Obat cacing

Buah muda:
  1. Disentri.
  2. Mencret.
  3. Obat cacing.


  • Obat Cacing
Bahan: Daun Buah Nona segar 4 gram Air 110 ml
Cara Pembuatan: Dibuat infus atau diseduh
Cara Pemakaian: Diminum sehari 1 kali 100 ml.
Lama Pengobatan: Diulang selama 4 hari.


  • Sariawan
Bahan: Daun buah nona segar 4 grm, Daun sirih segar 3 helai, Daun saga 4 grm,  Air 110 ml
Serbuk gips (ditambahkan setelah ramuan dingin) 6 grm
Cara pembuatan: Dibuat infus atau diseduh
Cara pemakaian: Diminum 1 kali sehari 100 ml
Lama pengobatan: Diulang selama 7 hari.


Komposisi :
- Tanin,
- Alkaloid anonaina,
- Retikulina.


  • Rangkuman
        Buah nona berpotensi dimanfaatkan untuk obat anti kanker dan gagal ginjal, berdasarkan hasil penelitian Dr. Hamidah, M.Kes. dosen Fakultas Sains dan Teknologi Unair, buah nona merupakan komoditi pangan yang bernilai lebih dan berpotensi dimanfaatkan untuk kesehatan. Buah ini mengandung senyawa acetogenin untuk anti kanker dan alkaloid untuk mengatasi gagal ginjal. Sedangkan kulit dan getah pada batang diperkirakan dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Dimana kandungan  alkaloid sebagai antioksidan,  flavonoid merupakan senyawa basa bernitrogen yang kadang memberikan efek pengobatan dan senyawa asetogenin (batang dan getah)

             Manfaat kulit (tannin) untuk obat disentri. Caranya adalah sebagai berikut: kulit pohon dipotong (2 x 5 cm), dicuci bersih dan ditambahkan air 400 cc lalu direbus. Biarkan terus mendidih hingga airnya tinggal ¾ bagian. Angkat dan biarkan menjadi dingin, air rebusan  dibagi tiga untuk diminum 3 kali sehari, diulang selama 3 hari. Selain untuk obat dalam, kulit batang buah nona juga dipakai sebagai obat kompres untuk demam dan mematangkan bisul. Cara penggunaannya sederhana saja. Kulit batang yang sudah diambil dicuci bersih kemudian digiling halus. Tempelkan obat ini pada kening untuk menghilangkan panas demam. Untuk mematangkan bisul, tempelkan obat yang sama pada bisulnya.
        Manfaat daun untuk obat sariawan Caranya adalah sebagai berikut : 12 lembar daun buah nona ditambah 9 lembar daun sirih dan 9 gram daun saga, dicuci bersih dan ditambahkan air 400 cc lalu direbus, hingga airnya ¾ bagian,angkat dan biarkan dingin dan minum, air rebusan dibagi tiga untuk diminum 3 kali sehari, diulang selama 3 hari. Manfaat lain adalah membasmi kutu busuk pada hewan, pada anjing misalnya. Caranya beberapa lembar daun dan biji buah nona ini cukup digiling halus dan kemudian ditambah air secukupnya. Semirkan ke tubuh hewan piaraan  yang berkutu itu




         Semoga artikel tentang Buah Nona ( Annona reticulata L ) ini bisa bermanfaat, menginspirasi dan menambah ilmu pengetahuan serta wawasan kita khususnya dibidang Herbal & Medicinal Plants . Amin

* Salam Ukhuwah Islamiyah dari Andi Ibnoe Badawi Mazid

0 komentar:

Posting Komentar