Rabu, 16 Juli 2014

10 Langkah Seorang Istri Menuju Surga Allah

       Istri adalah seorang wanita yang telah menikah atau bersuami. Istri bukan hanya sebagai teman hidup bagi suaminya lain dari pada itu I.S.T.R.I mengandung makna :

I "Ikhlas"
       Ikhlas terhadap suami, dengan disetiap pemberian dari suami, jangan lah menuntut bila seandai nya suami hanya bisa memberi semampunya dengan tanpa ada yang disembunyikan, seorang istri harus bisa menerimanya dengan ikhlas, meski sebenarnya itu tidak cukup atau sangat kurang (dalam suatu nafkah bila suami hanya punya sedikit pendapatan).

S "Sopan"
        Sopan terhadap suami, jaga lah dari setiap tutur kata yang kan terucap, jangan sampai seorang suami jadi sedih dan sakit hati akan perkataan sang istri, sebaik-baiknya ucapan istri harus dapat membuat hati suaminya tenang dan terkagum mendengarkan tutur lembut dari istri.

T "Ta'at"
        Ta'at pada setiap perintah suami, apabila perintah nya ada dalam kebaikan dan masuk di akal oleh istri, namun sebaliknya bila istri sama sekali tidak mengerti akan perintahnya melainkan dapat menyebabkan suatu dosa dan terdapat pada larangan Allah yang ketahui, maka istri wajib menolaknya, namun meski dengan ucapan halus juga.

R "Ridho"

        Ridho dalam setiap apa yang akan di perbuat dan di lakukan oleh suami (kewajiban suami istri) ter hadap istri, jangan lah sekali-kali istri menolak ajakannya, sekali saja istri menolak keinginan suami maka Allah sangat tidak menyukainya, ada pun dapat menolak bila dalam keadaan sakit keras dan dapat halangan..

I "Ibadah"
        Ibadah kepada suami sama ibadahnya kepada allah.dalam ibadah istri meski mempunyai sikap-sikap seperti yang di atas ikhlas, sopan, ta'at dan ridho, menuruti atas segala inginnya suami itu adalah ibadah, selama baik bagi istri dalam agama (islam) dan jalan Allah..







Inilah 10 Langkah Seorang Istri dikala ia ingin menuju Surga-Nya Allah :
1. Seorang Istri harus menyadari dan menerima dengan ikhlas bahwa laki-laki adalah pemimpin kaum wanita.
2. Seorang Istri harus menyadari bahwa hak (kedudukan) suami satu tingkat lebih tinggi dari istri.
3. Seorang Istri harus taat kepada suami selama bukan kemaksiatan.
4. Seorang Istri tidak boleh keluar rumah dengan alasan apapun tanpa izin suami.
5. Seorang Istri wajib memenuhi keinginan suami dalam nafkah batin (kecuali dengan suatu alasan yang kuat terpaksa menolaknya)
6. Seorang Istri harus mendahulukan kepentingan suami dibanding apapun. Termasuk kepentingan orang tua.
7. Seorang Istri harus menjaga kehormatan dirinya jika suami tidak ada.
8. Seorang Istri harus menjaga harta juga kehormatan suami baik saat ada ataupun sedang tidak dirumah.
9. Seorang Istri harus senantiasa mempercantik dirinya di depan suami.
10. Seorang Istri berusaha menyenangkan hati suami dengan raut wajah yang tampak berseri.








Wallahualam ...


            Semoga note tentang 10 Langkah Seorang Isteri Menuju Surga Allah ini bisa bermanfaat khususnya bagi para Wanita, menginspirasi dan bisa menambah ilmu pengetahuan serta wawasan kita. Aamiin

* Salam Ukhuwah Islamiyah dari Andi Ibnoe Badawi Mazid

0 komentar:

Posting Komentar