Minggu, 04 Januari 2015

Kumpulan Akhlak Nabi Muhammad SAW



1. Rasulullah SAW adalah sosok manusia yang amat penyabar, pemberani, adil dan belas kasih serta menjaga kesucian diri.

2. Tangannnya tidak pernah menyentuh tangan perempuan yang bukan miliknya terkecuali budak perempuannya, perempuan yang telah dinikahinya atau perempuan yang menjadi muhrimnya.

3. Rasulullah SAW. adalah sosok manusia yang sangat dermawan, tidak satu dirham pun menginap dalam rumahnya.

4. Bila memiliki harta yang tersisa dan tidak menemukan orang yang berhak menerima, maka beliau tidak kembali ke rumahnya sebelum harta itu lepas dari tangannya dan diberikan kepada orang yang membutuhkannya.

5. Rosulullah SAW tidak mengambil rejeki yang Allah anugerahkan kepadanya kecuali sekedar untuk memenuhi kebutuhan makannya saja, itupun dari jenis makanan yang paling mudah di dapat yaitu kurma dan gandum dan selebihnya dinafkahkan di jalan Allah SWT .

6. Tidak seseorang yang minta sesuatu kepadanya kecuali beliau memberikannya.

7. Beliau lebih mengutamakan oranglain daripada dirinya sendiri, sehingga terkadang dirinya membutuhkannya, namun beliau tidak memilikinya.

8. Rosulullah SAW. menambal sandal, menjahit pakaian, turut membantu dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga dan bahkan turut memotong daging bersama isterinya.

9. Rosulullah SAW. adalah sosok manusia yang amat pemalu dan tidak pernah menatapkkan pandangan matanya terhadap wajah seseorang.

10. Bila seseorang memberikan sesuatu kepadanya meskipun itu berupa seteguk air susu atau sepotong paha kelinci, maka beliau SAW.menerimanya dan menikmatinya serta berusaha membalasnya.

11. Rosulullah SAW menerima hadiah tidak menerima shadaqah.

12. Rosulullah SAW tidak sungkan-sungkan untuk memenuhi panggilan orang miskin atau hamba sahanya..

13. Bila seseorang menyakiti agamanya maka beliau marah, namun bila yang disakitinya itu adalah dirinya sendiri, maka beliau tidak marah.

14. Rosulullah SAW terus berusaha untuk menegakkan kebenaran meskipun dampak negatifnya kembali pada dirinya atau para sahabatnya.

15. Rosulullah SAW pernah disarankan oleh sahabatnya untuk minta pertolongan kepada orang-orang kafir, maka beliau pun segera menolaknya dengan tegas.

16. Sekali waktu Rosulullah SAW pernah mengikatakan batu pada perutnya karena menahan lapar.

17. Rosulullah SAW selalu makan apa adanya dan tidak pernah menolak makanan apapun yang halal yang beliau dapatkan.

18. Bila hanya mendapatkan kurma, maka beliau memakannya, bila itu hanya berupa gandum saja atau roti saja atau madu saja, maka beliau juga memakannya, tanpa berkata sesuatu atau mencacinya

19. Rosulullah SAW tidak pernah makan dengan bersandar maupun diatas meja dan saputangannya adalah telapak kedua kakinya.

20. Perut Rosulullah tidak pernah kenyang dengan roti maupun gandum selama tiga hari berturut-turut, hal yang sepert i itu dilakukan bukan karena miskin atau kikir.

21. Beliau SAW tidak sungkan-sungkan untuk mendatangi undangan pernikahan dan menjenguk orang sakit.

22. Rosulullah SAW kerap sekali berjalan seorang diri di hadapan musuhmush beliau, tanpa seorang pengawal pun.

23. Rosulullah SAW adalah sosok manusia yang memiliki jiwa yang sangat tenang, rendah diri dan tidak sombong.

24. Tutur katanya simple dan padat.

25. Wajahnya berseri-seri dan sangat menawan.

26. Tidak pernah menyibukkan dirinya dengan sesuatu yang berkaitan dengan dunia.

27. Terkadang beliau pergi dengan menggunakan kuda/unta/baghal/keledai.

28. Beliau SAW kerap kali menjenguk sahabatnya yang sakit meskipun tempatnya Jauh.

29. Rosulllah SAW sangat menyukai sesuatu yang berbau wangi dan membenci sesuatu yang beraroma tak sedap.

30. Rosulullah SAW kerap kali duduk dan makan bersama orang-orang fakir dan miskin.

31. Rosulullah SAW menjalin tali persaudaraan dengan sanak kerabat beliau, namun tidak memprioritaskan orang-orang yang terhormat dan mulia diantara mereka.

32. Rosulullah SAW tidak pernah memutuskan hubungan tali silaturrahmi dengan siapapun.

33. Siapapun yang minta maaf kepadanya, maka beliau memberinya maaf, meskipun dia adalah musuhnya dan pernah hendak membunuhnya.

34. Bila Rosulullah SAW tertawa, maka tidak terbahak-bahak

35. Rosulullah SAW pernah dalam hidupnya melihat permainan yang mubah dan beliau tidak melarangnya.

36. Seorang berkata kepada beliau dengan nada yang sangat keras, namun beliau tetap sabar dan tidak marah.

37. Rosulullah SAW memiliki budak, baik itu laki-laki maupun perempuan, namun pakaian dan makan beliau SAW tidak lebih baik dari mereka.

38. Rosulullah SAW tidak menghabiskan waktunya kecuali untuk melakukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan Allah SWT atau untuk sesuatu yang harus beliau lakukan demi kebaikan dirinya.

39. Rosulullah SAW tidak pernah merendahkan orang miskin karena kemiskinannya, dan beliau juga tidak pernah gentar dengan seorang raja karena kekuasaannya, seluruhnya diajak oleh baginda Rosulullah SAW
ke jalan Allah dengan seruan yang sama.

40. Rosulullah SAW adalah seorang pengembala kambing yang tidak memiliki ayah dan ibu, lalu Allah SWT mendidiknya dengan akhlak yang terpuji, mengarahkan kepada jalan yang benar dan mulia, menceritakan
tentang umat-umat terdahulu dan umat-umat yang akan datang serta memberi petunjuk agar dapat selamat di dunia dan akherat Rosulullah SAW tidak pernah mencaci seorangpun diantara kaum muslimin, kecuali sebagai kifarat dan rahmat untuknya.

42. Rosulullah SAW tidak pernah berkata kasar atau mencaci maki kepada wanita maupun pembantunya.

43. Suatu ketika Rosulullah SAW berada dalam peperangan, lalu seseorang menyarankan kepada beliau untuk mengutuk musuh-musuhnya, maka Rosulullah SAW menolaknya.

44. Bila Rosulullah SAW diminta untuk mendo'akan orang lain, baik itu dia seorang muslim atau bukan, maka Rosulullah SAW tetap mendo'akan kebaikan kepadanya.

45. Rosulullah SAW tidak pernah memukul seseorang dengan tangannya, kecuali di jalan Allah SWT.

46. Rosulullah SAW tidak pernah melampiaskan dendam terhadap seseorang yang telah berbuat buruk padanya, kecuali bila ia melanggar hukum Allah SWT .

47. Bila Rosulullah didatangi oleh seseorang, baik itu budak maupun bukan, maka beliau turut bersamanya memenuhi kebutuhannya.




Walaupun kita sebagai umatnya tidak bisa sepenuhnya meniru Akhlak Baginda Nabi Muhammad SAW, namun bisa mengikutinya sebagian daripada akhlaknya itu jauh lebih baik, karena tidak ada idola yang terbaik selain Nabi Muhammad SAW sebagai panutan kita umat Muslim.



       Semoga Artikel Tentang Kumpulan-kumpulan Akhlak Nabi Muhammad SAW ini bisa bermanfaat, menginspirasi dan bisa menambah ilmu pengetahuan serta wawasan kita. Aamiin

* Salam Ukhuwah Islamiyah dari Andi Ibnoe Badawi Mazid

0 komentar:

Posting Komentar