Kamis, 02 Oktober 2014

Menurut Ibnu Abbas ra, ada 7 (Tujuh) Tanda Kebahagiaan di Dunia



1). QOLBUN SYAKIRUN, yaitu Hati yang selalu bersyukur
*Artinya selalu merasa cukup (qona'ah), sehingga tidak ada ambisi yang berlebihan dan menerima apa adanya, inilah nikmat bagi hati yang selalu bersyukur.

2). AL-AZWAJU SHALIHAH, yaitu Pasangan hidup yang Soleh/Solehah
* Pasangan hidup yang soleh/solehah menciptakan suasana rumah dan keluarga yang sakinah.

3). AL-AULADUL ABRAR, yaitu Anak yang Soleh/Solehah
* Do'a anak yang soleh/solehah kepada orang tuanya dikabulkan Allah dan berbahagialah orang tua yang memiliki anak soleh/solehah.

4). AL-BIATU SHOLIHAH, yaitu Lingkungan yang baik untuk iman kita
* Rosulullah menganjurkan untnk selalu bergaul dengan orang-orang soleh/ solehah yang selalu mengajak kepada kebaikan dan mengingatkan bila kita salah.

5). AL-MALUL HALAL, yaitu Harta yang halal
* Bukan banyaknya harta, tapi halalnya harta yang dimiliki. Harta yang halal akan menjauhkan setan dari hati. Hati menjadi bersih, suci dan kokoh sehingga memberi ketenangan dalam hidup. Berbahagialah orang yang selalu dengan teliti menjaga kehalalan hartanya.

6). TAFAQQUH FID-DIEN, yaitu Semangat untuk memahami agama
* Dengan belajar ilmu agama, akan semakin cinta kepada agama dan semakin tinggi cintanya kepada Allah dan Rosul-Nya. Cinta inilah yang memberi cahaya bagi hati.

7). UMUR YANG BAROKAH
*Artinya umur yang semakin tua semakin barokah, hidupnya semakin bertaqwa, setiap detiknya diisi dengan amal ibadah. Semakin tua semakin rindu untuk bertemu dengan Allah. Inilah semangat hidup orang-orang yang barokah umurnya.


Wallahu'Alam ...



           Semoga artikel tentang Menurut Ibnu Abbas ra, ada 7 (Tujuh) Tanda Kebahagiaan di Dunia ini bisa bermanfaat, menginspirasi dan bisa menambah ilmu pengetahuan serta wawasan kita. Aamiin

* Salam Ukhuwah Islamiyah dari Andi Ibnoe Badawi Mazid

0 komentar:

Posting Komentar