Minggu, 10 Mei 2015

Keutamaan Menyebarkan Salam Diantara Kaum Muslimin



بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

عن عبد الله بن عمرو أن رجلاً سَأَلَ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم : أَيُّ الإِسْلاَمِ خيرٌ ؟ قَالَ: تُطْعِمُ الطَّعَامَ وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ وَمَنْ لـَمْ تَعْرِفُ.  رواه البخاري
Dari Abdullah bin Amr (bin ‘Ash) radhiyallahu anhuma, ia berkata : “ Bahwasanya seorang laki-laki bertanya kepada Rosulullah shallallahu alaihi wasallam: “Amalan Islam apakah yang baik?” Beliau bersabda : “ Engkau memberi makan (orang fakir dan miskin), dan mengucapkan SALAM kepada orang yang kau kenal dan yang tidak kau kenal.”(HR. Imam Al-Bukhari no. 28).

Beberapa Pelajaran Penting dan Faedah Ilmiyah yang Dapat di Ambil dari Hadits ini.
  1. Mengucapkan SALAM dan membudayakannya diantara kaum muslimin merupakan salah satu amalan  SUNNAH yang sangat dianjurkan di dalam agama Islam.

  2. Hukum menjawab SALAM adalah WAJIB.

  3. Ucapan SALAM yang syar’i dan sempurna ialah :
    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    “Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.” » BOLEH juga mengucapkannnya dengan kalimat yang lebih singkat :
    “Assalamu’alaikum warahmatullah” atau “Assalamu’alaikum”.
  4. Mengucapkan Selamat pagi atau selamat sore atau selamat siang atau selamat malam (atau dalam bahasa Inggris “Good Morning, Good Afternoon, Good Night, Good Bye, Good Bless) bukanlah ucapan penghormatan yang disyari’atkan dalam Islam. Oleh karenanya, cukuplah bagi kita mengucapkan SALAM yang syar’i yang telah diajarkan oleh Allah dan Rasul-Nya, karena di dalamnya terkandung makna doa kebaikan, yaitu :

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    “ Semoga Allah melimpahkan kepada kalian kesejahteraan (keselamatan), rahmat dan berkah-Nya.”
  5. Sangat dianjurkan mengucapkan SALAM kepada orang yang kita kenal maupun yang belum kita kenal, jika kita yakin dia adalah seorang muslim. Karena hukum mengucapkan salam yang syar’I kepada orang NON MUSLIM hukumnya DILARANG dalam agama Islam.

  6. Dibolehkan bagi kita menyampaikan SALAM kepada sesama muslim dengan isyarat tangan disertai mengucapkan SALAM jika kita mengira bahwa saudara kita tidak mendengar ucapan SALAM dari kita.

  7. Dianjurkan pula mengucapkan SALAM ketika kita akan memulai pembicaraan dengan saudara kita melalui pesawat telpon maupun selainnya.

  8. Menyebarkan dan membudayakan ucapan SALAM diantara kaum muslimin merupakan sebab masuk Surga dengan selamat.
    » Hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam (yang artinya) :
    “ Wahai segenap manusia, sebarkanlah ucapan SALAM (diantara kalian), sambunglah tali silaturahmi, berilah makan (orang-orang fakir & miskin, pent), dan lakukanlah sholat malam (tahajjud) ketika manusia pada tidur, niscaya kamu akan masuk Surga dengan selamat (dan sejahtera).”
  9. Menyebarkan dan membudayakan ucapan SALAM diantara kaum muslimin merupakan sebab masuk tumbuhnya rasa saling mencintai diantara kaum muslimin.
    » Hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam (yang artinya) :
    “ Kalian tidak akan masuk Surga sehingga kalian beriman (kepada Allah). Dan kalian tidaklah beriman (dengan sempurna) sehingga kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan kepada kalian tentang suatu amalan yang apabila kalian melakukannya, niscaya kalian akan saling mencintai? (Beliau bersabda) : “ Sebarkanlah ucapan SALAM diantara kalian.”
  10. Anjuran memberi makan orang-orang fakir n miskin, karena hal ini juga termasuk salah satu amalan yang dapat memasukkan seorang hamba ke dalam Surga sebagaimana disebutkan di dalam hadits shohih di atas (faedah no.8).

  11. As-Salaam (السَّلاَمُ ) merupakan salah satu nama diantara nama-nama Allah yang indah. Oleh karenanya, TIDAK BOLEH menamai anak dengan nama Allah tsb.

  12. TIDAK BOLEH menyingkat kalimat SALAM dalam ucapan maupun tulisan, seperti: assalam wr.wb, atau “Ass. Wr. Wb” atau semisalnya, karena ini bukan kalimat salam yang syar’i dan juga tidak terkandung di dalamnya makna do'a kebaikan.

Demikian beberapa pelajaran penting dan Faedah ilmiyah yang dapat kita petik dari hadits shohih ini.

Oleh: Ustadz Muhammad Wasitho Lc




            Semoga Artikel Tentang Keutamaan Menyebarkan Salam Diantara Kaum Muslimin ini bisa bermanfaat, menginspirasi dan bisa menambah ilmu pengetahuan serta wawasan kita. Aamiin

* Salam Ukhuwah Islamiyah dari Andi Ibnoe Badawi Mazid


0 komentar:

Posting Komentar