Jumat, 27 Februari 2015

5 (Lima) Sifat Setan


1. Setan Memiliki Sifat Pantang Menyerah

         Salah satu sifat sifat setan yang patut kita ambil atau contoh adalah setan itu pantang menyerah. Selama kemauan dan keinginan setan tersebut belum tercapai, maka setan akan terus menggoda kita (manusia) dari berbagai macam penjuru. Sedangkan kita (manusia) biasanya sering mengeluh, dan mudah putus asa dalam menghadapi ujian dari Allah SWT. Namun, perlu kita fahami betul bahwa tidak semua yang Pantang Menyerah itu adalah setan. Oleh karena itu, sifat pantang menyerah inilah yang kita ambil dalam menghadapi segala ujian dan cobaan yang Allah SWT berikan kepada kita.


2. Setan Merupakan Makhluk Yang Kreatif

         Ketika setan itu gagal dengan satu cara, maka bukan menjadi sebuah alasan bagi setan untuk mencari cara lain atau berhenti menggoda manusia. Setan akan mencoba berbagai macam trik-trik khusus dalam melancarkan aksinya untuk menggoda kita (manusia) hanya demi tujuannya bisa tercapai. Coba bandingkan dengan kita, yang dengan seenaknya menjiplak, menyontek, menduplikat, membajak hasil karya orang lain dengan segampangnya, tanpa berusaha untuk berfikir dan lebih kreatif. Oleh karena itu mari kita lebih kreatif lagi dalam memantakan tujuan dan impian kita untuk beribadah pada Allah SWT.


3. Setan Itu Adalah Makhluk Yang Konsisten

         Sifat setan yang selalu konsisten tidak berubah-ubah, sejak pertamakali setan diciptakan, setan selalu setia pada pekerjaannya, setan tidak pernah mengeluh dan berputus asa. Sedangkan kita (manusia) banyak yang mengeluhkan perihal pekerjaannya dan biasanya sering lalai akan konsistennya dalam suatu pekerjaan tersbut, padahal kalo kita lihat masih banyak saudara kita (manusia lain) yang masih mengannggur dan membutuhkan pekerjaan tersebut. Oleh karena itu, sifat konsisten tersebut haruslah kita tanam lebih dalam lagi.


4. Setan Adalah Makhluk Yang Solider (Rasa Setia Kawan)

         Sesama Setan mereka tidak pernah saling menyakiti, bahkan mereka (golongan setan) selalu bekerjasama antara satu dengan yang lain untuk menggoda manusia. Sedangkan kita (manusia), jangankan kita menolong, setia kawan, peduli terhadap sesama manusia saja, kita masih mikir-mikir seribu bahasa. Bahkan kebanyakan manusia malah saling iri, dengki, bermusuhan, bahkan saling membunuh dan menyakiti. Naudzubillah ! Maka dari itu saudaraku, marilah kita tiru atau mengambil hikmah dari sifat setan yang satu ini yaitu dengan lebih menjalin rasa tali persaudaraan antar sesama, saling bekerjasama demi tujuan menegakkan agama Allah SWT.


5. Setan Merupakan Makhluk Yang Tanpa Pamrih

        Ya, Setan mampu bekerja tanpa pamrih meskipun selama 24 jam penuh dalam sehari. Setan tidak mendapat upah, gaji atau imbalan apapun dalam menjalani pekerjaannya menggoda kita (manusia). Coba bandingkan dengan kita (manusia), pada umumnya jika mereka tidak di beri upah, imbalan atau dibayar, maka mereka tidak akan mengerjakannya. Ketahuilah saudaraku, materi yang seharusnya bukanlah suatu hal yang penting bagi kita, jika kita mau mengerjakannya tanpa pamrih terutama dalam hal membantu sesama umat manusia, maka pekerjaan tersebut akan bernilai tinggi di hadapan Allah SWT, dan inilah sebaik-baiknya pekerjaan.




        Semoga Artikel Tentang 5 ( Lima ) Sifat Setan ini bisa bermanfaat, menginspirasi dan bisa menambah ilmu pengetahuan serta wawasan kita. Aamiin

* Salam Ukhuwah Islamiyah dari Andi Ibnoe Badawi Mazid


0 komentar:

Posting Komentar